Salam Pertanian - Sejahterakan Petani Indonesia

Jumat, 12 Juli 2013

Ubi Jalar, Bahan Pangan Lokal Yang Kaya Gizi Lomba Cipta Menu Aneka Olahan Ubi Jalar



Setiap orang pasti mengenal ubi jalar. Di daerah Magelang, lebih dikenal dengan nama ‘telo pendem’. Bahan pangan lokal ini begitu akrab dengan masyarakat, mulai dari daerah perkotaan hingga pedesaan, bahan pangan ini mudah ditemui, terutama panenan akan melimpah pada musim kemarau.


Tetapi, apa sebenarnya kandungan dari ubi jalar??

Masyarakat mengenal ubi jalar sebagai sumber karbohidrat. Tetapi, ternyata kandungan dalam ubi jalar tidak hanya karbohidrat. Lalu, apa saja kandungannya? Berdasarkan penelitian, kandungan gizi ubi jalar meliputi beragam vitamin dan mineral yang jumlahnya relatif lebih banyak dari kandungan gizi wortel. Penelitian terbaru telah mengungkapkan beragam manfaat ubi jalar bagi kesehatan mulai dari membantu pencernaan hingga manfaatnya bagi pembentukan tubuh.

Ubi jalar merupakan makanan dengan rasa manis yang bebas lemak dan mengandung 769% dari nilai harian vitamin A dan 65% kebutuhan vitamin C dalam satu porsi (kurang lebih satu cup). Bahkan makanan super ini juga mengandung 4 gram protein per porsi. Makanan ini cukup aman untuk disajikan kepada bayi dengan usia lebih dari 6 bulan. Serat yang tinggi dalam ubi jalar juga membantu pencernaan awal bayi dengan cara memperlancar transisi ke makanan padat.
 
Ubi jalar mengandung jumlah tinggi beta karoten, yaitu sebuah antioksidan alami yang mampu membantu tubuh untuk meningkatkan pertahanan yang kuat terhadap radikal bebas dan penyakit. Ubi jalar juga mengandung vitamin C, vitamin B dan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi. Ketiga kandungan dalam ubi jalar ini membuat ubi jalar menjadi sebuah alat yang ampuh melawan infeksi.

Ubi jalar mengandung jumlah tinggi magnesium, zink dan vitamin B, kombinasi nutrisi yang telah terbukti meningkatkan penyembuhan arthritis dan meredakan rasa sakit dan pembengkakan. Keuntungan dari ubi jalar untuk penderita arthritis begitu efektif, sehingga saat ini ubi jalar telah terdaftar sebagai bahan pengobatan arthritis.

Aneka Olahan Ubi Jalar
Walaupun bahan pangan lokal ini kaya akan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan sangat besar, tetapi images ubi jalar sebagai ‘masakan ndeso’ membuat bahan pangan ini kurang diminati. Olahan dari ubi jalar juga kurang bervariasi, umunya hanya dimasak menjadi ubi jalar rebus atau ubi jalar  goreng.

Untuk memasyaratkan olahan ubi jalar dan mengembangkan menu berbahan dasar ubi jalar dalam rangka sosialisasi diversifikasi pangan, BPPKP Kabupaten Magelang turut berpartisipasi dengan membuat lomba cipta menu aneka olahan ubi jalar. Lomba ini diselenggarakan di pendopo Pemda pada hari Sabtu tanggal 18 Mei 2013. Lomba olahan pangan lokal ini diikuti oleh kelompok – kelompok wanita tani (kelompok olahan pangan lokal) yang berada di bawah pendampingan BPPKP Kab. Magelang dan BPPK Kecamatan.

Kelompok olahan pangan lokal yang ada di Kecamatan Mungkid juga turut berpartisipasi. Yang didaulat mewakili Kecamatan Mungkid adalah KWT. Kanthil, dari Dusun Senden, Desa Senden, Kecamatan Mungkid. KWT. Kanthil menampilkan menu bola – bola ubi rasa jahe dan sup ubi jalar istimewa. Resep dari olahan pangan ini tersaji pada gambar dibawah ini.


LOMBA – LOMBA SEMACAM INI PATUT DIAPRESIASI. JIKA BAHAN PANGAN LOKAL MAMPU BERKEMBANG DAN MENGGESER POPULARITAS DARI TEPUNG TERIGU, BUKANKAN BANGSA KITA SENDIRI YANG AKAN DIUNTUNGKAN??


Pustaka:
---------------------------1001 Kandungan Gizi Ubi Jalar. http://akardanumbi.blogspot.com/2013/03/1001-kandungan-gizi-ubi-jalar.html. Diakses pada tanggal 15 Juli 2013: 8.57 WIB

Penulis: Dian Rintanawati, A. Md – PP Pelaksana BPPK Kec. Mungkid


3 komentar:

  1. Kapan kapan kita bisa coba di BPP biar kita trampil membuat

    BalasHapus
  2. Informasi yang sangat bagus buat ibu-ibu KWT, thanks infonya ya

    BalasHapus
  3. SELAMAT jadi juara WEB SITE, dan terima kasih kepada Mbak Dian yang telah sabar mendampingi KWT KANTIL Dusun Senden, Desa Senden, Kec Mungkid.

    BalasHapus

Tweet
Share